5 Penyebab Diare yang Harus Anda Ketahui


Diare merupakan gangguan pencernaan yang dapat menjangkit setiap orang. Namun sayangnya masih banyak orang yang menyepelekan penyakit umum ini, padahal jika diare dibiarkan dapat meningkatkan risiko komplikasi yang berbahaya bagi tubuh. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui penyebab diare terlebih dahulu untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

5 Penyebab Diare

Diare merupakan kondisi gangguan buang air besar atau mencret. Penyakit ini menimbulkan gejala diare yang sangat mengganggu, misalnya mual, muntah, kembung dan perut mulas. Penyebab diare sangat beragam, berikut ini merupakan 5 penyebab diare secara umum, di antaranya yaitu:

1. Infeksi bakteri

Bakteri penyebab diare yang paling umum yaitu salmonella, shigella dan escherichiacoli (E. coli). Bakteri tersebut dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang tidak sehat dan tidak higienis, serta makanan yang tidak dimasak sempurna, baik daging, sayuran maupun ikan.

Anda juga bisa tertular penyakit ini ketika kontak langsung dengan orang yang sedang mengalami diare. Adapun cara penularan yang dapat terjadi misalnya Anda berjabat tangan dengan seseorang yang habis buang air besar namun lupa mencuci tangan.

Biasanya diare yang diakibatkan oleh bakteri rentan menyerang anak-anak, karena mereka memiliki imunitas tubuh yang masih lemah. Dimana bakteri akan mudah menginfeksi tubuh saat kondisi tubuh lemah.

2. Infeksi Virus

Bukan hanya bakteri, penyebab diare juga dapat terjadi karena infeksi virus seperti rotavirus dan norovirus. Jalur penularannya sama seperti bakteri, yaitu dari makanan dan minuman yang tidak higienis atau tidak dimasak dengan sempurna. Virus penyebab diare biasanya menginfeksi anak kecil dan bayi, virus tersebut dapat berlangsung selama 8 hari.

3. Infeksi parasit atau jamur

Parasit yang dapat menyebabkan diare yaitu Giardia Duodenalis. Parasit tersebut biasanya berada di lingkungan yang tidak steril, sanitasi air buruk, dan tidak menjaga kebersihan. Makanan atau minuman dapat terkontaminasi dengan parasit ini pada saat pengolahan, produksi, pengiriman maupun penyimpanan. Pasalnya hal tersebut bukan hanya menyebabkan diare saja, melainkan perut kembung, kram, mual hingga feses berbau busuk.

4. Pemilihan Makanan yang Tidak Tepat

Ada beberapa makanan penyebab diare yang masih banyak tidak diketahui orang. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih makanan yang tepat dengan kondisi itu. Adapun beberapa makanan yang menyebabkan diare di antaranya yaitu makanan pedas, makanan bergula, makanan berlemak, coklat, kopi, teh dan soda yang mengandung kafein, serta susu dan keju.

5. Efek Samping Obat Tertentu

Terdapat beberapa orang yang mengalami diare akibat efek samping obat tertentu. Antibiotik memanglah obat yang berfungsi untuk membunuh bakteri, namun obat tersebut tidak dapat membedakan bakteri jahat dengan bakteri alami dalam tubuh. Ketika antibiotik membunuh bakteri alami dalam tubuh yang melindungi usus maka dapat menyebabkan diare.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi antibiotik. Anda dapat pergi ke RS Columbia Asia Semarang untuk berkonsultasi.

itulah 5 penyebab diare yang harus anda ketahui Untuk mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat. Anda juga bisa mencari informasi kesehatan lebih lanjut di website dan aplikasi halodoc. Di website tersebut Anda bisa menggunakan beragam fitur yang sangat bermanfaat seperti tanya Dokter, mencari rumah sakit terbaik hingga mendapatkan obat yang tepat

Tidak ada komentar untuk "5 Penyebab Diare yang Harus Anda Ketahui"